Apa Itu Vaksin MMR dan Siapa Saja yang Bisa Mendapat Vaksin ini?


Pemberian vaksin sangat penting dilakukan pada anak-anak. Karena vaksinasi adalah sebuah cara untuk mencegah penyakit berbahaya menginfeksi anak sejak dini. Nah, salah satu imunisasi yang wajib diberikan adalah vaksin MMR. 

Vaksinasi ini diberikan untuk melindungi anak Anda dari tiga penyakit yang berbahaya. Yaitu Measles, Mumps dan Rubella. 

Sekilas Tentang Vaksin MMR

Vaksin MMR ini diberikan pada anak-anak, karena kelompok usia ini cukup rentan terserang penyakit MMR. Namun ada pula beberapa kondisi dimana orang dewasa juga membutuhkan vaksin tersebut, salah satunya karena sistem imunitas yang cukup lemah. Vaksinasi paling tepat jika dilakukan menurut daerah masing-masing, seperti misalnya vaksin dewasa untuk daerah Semarang. Simak penjelasan seputar penyakit MMR.

1. Measles

Penyakit ini juga sering disebut sebagai campak, yang merupakan infeksi virus dan umumnya menyerang pernapasan. Virus ini sangat mudah menyebar lewat percikan air liur atau lendir yang keluar dari mulut orang yang terkena campak ketika batuk atau bersin. 

Gejala pada penyakit campak yaitu ruam merah di kulit, batuk, demam, bintik putih di mulut dan hidung mengeluarkan lendir. Komplikasi campak bisa menyebabkan radang otak yang bisa membuat anak kejang-kejang. 

2. Mumps 

Di Indonesia, dikenal dengan nama gondongan. Penyakit ini umumnya menyerang kelenjar ludah dan  terjadi pada anak usia 2 sampai 12 tahun. Penyebab gondongan yaitu virus yang menular lewat air liur yang keluar bersamaan dengan hembusan udara. Terjadi ketika orang yang mengalami sakit gondongan batuk dan bersin.

Gejalanya terlihat pada pembengkakan kelenjar ludah di sekitar area pipi dan leher. Gejala lainnya yaitu demam, sakit kepala, nyeri otot, terasa sakit ketika mengunyah dan menelan dan sakit tenggorokan. Komplikasi akibat gondongan adalah tuli dan meningitis. Maka dari itu sangat dibutuhkan yang namanya vaksin MMR. 

3. Rubella

Rubella adalah infeksi yang disebabkan oleh virus rubella. Penyakit ini disebut juga dengan campak Jerman, umumnya gejala yang timbul yaitu bintik-bintik merah di kulit. Virus penyebab campak Jerman ini juga menyerang kelenjar getah bening, leher dan belakang telinga sehingga membengkak. 

Gejala lainnya yang wajib diwaspadai yaitu demam, hidung tersumbat, mata merah, sakit kepala dan sendi-sendi tubuh sakit. Rubella ini punya resiko untuk menyerang orang dewasa dan anak. Sangat berbahaya bila menyerang wanita hamil, karena anak yang dilahirkan berisiko mengalami kecacatan atau berujung kematian. 

Kelompok yang Wajib Mendapatkan Vaksin MMR

Setiap orang tentunya wajib mendapatkan vaksin campak sekali seumur hidup. Untuk vaksin campak dan campak Jerman memang umumnya dipisahkan dari vaksin gondongan karena penyakit gondong sudah jarang terjadi. Pemberian vaksin dikelompokkan sebagai berikut.

  • Anak Kecil Dan Balita, untuk vaksin MMR diberikan untuk mulai usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun.
  • Anak usia 6-11 bulan yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri harus mendapatkan vaksin jenis email sebelum keberangkatan. 
  • Vaksin MMR dewasa, imunisasi MMR susulan dengan dosis 1 dosis aja, namun harus membuktikan bahwa sudah mendapatkan vaksin sebelumnya.

Efek Samping Vaksin MMR

Setiap vaksin yang diberikan tentu memiliki efek samping yang berbeda-beda. Meski ringan berikut beberapa efek samping vaksin MMR. 

  • Nyeri di area bekas suntikan
  • Kemerahan pada area bekas suntikan
  • Demam ringan

Demikian penjelasan tentang vaksin MMR yang wajib Anda ketahui. di atas juga disebutkan bahwa vaksin ini sangat penting dilakukan sejak dini agar tidak terserang 3 penyakit berbahaya seperti Measles, Mumps dan juga Rubella. 

Untuk anda ingin mendapatkan vaksin, paling mudah bisa langsung melalui aplikasi Halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan masyarakat, yang tidak hanya menawarkan informasi menarik tetapi juga membantu anda untuk melakukan vaksinasi, Tes Covid-19 hingga menemukan obat dan yang tepat.  

Tidak ada komentar untuk " Apa Itu Vaksin MMR dan Siapa Saja yang Bisa Mendapat Vaksin ini?"